Manfaat Lebah Madu


Sejak jaman dahulu madu sudah sangat dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Madu dihasilkan oleh lebah madu. Lebah madu merupakan insekta sosial yang hidup dalam suatu keluarga besar yang disebut koloni lebah. Ada 3 jenis lebah yaitu lebah ratu, lebah jantan dan lebah pekerja. Lebah ratu spesialisasinya hanya sebagai penghasil telur. Lebah jantan kerjanya hanya mengawini lebah ratu. (enak bukan? :p) Sedangkan lebah pekerja bertugas banyak, diantaranya membuat sarang, mengisi madu, mengangkat pollen, memberi makan larva (telur – larva – pupa – lebah dewasa), dan menjaga sarang. Di habitatnya, lebah madu dapat hidup di atap-atap rumah, pepohonan dan lingkungan pertanian.

Karena madu sangat bermanfaat untuk kesehatan, lebah madu banyak dicari orang untuk dibudidayakan.

Nah, dari budidaya lebah madu ini nantinya akan di hasilkan seperti madu, pollen, royal jelly, malam, propolis dan apitoxin.

Madu adalah cairan kenyal yang dihasilkan oleh lebah madu. Manfaatnya antara lain :

1.     Meningkatkan daya tahan tubuh
2.    Menyembuhkan sariawan
3.    Menyembuhkan luka bakar
4.    Memperlancar fungsi otak
5.    Menyembuhkan gatal-gatal
6.    Memperkuat fungsi ginjal
7.    Mengobati rematik


Pollen (bee pollen) adalah serbuk sari bunga yang dihasilkan dari antenna bunga. Bee pollen dikumpulkan oleh lebah madu yang terdapat pada pasangan kaki belakang lebah pekerja. Beberapa manfaat dari pollen, yaitu:
  1. Sebagai zat besi yang mencegah anemia
  2. Hormon pertumbuhan
  3. Mencegah kesulitan BAB
  4. Sebagai antibiotik


Royal jelly dihasilkan oleh lebah pekerja muda usia 3 – 13 hari. Manfaat dari royal jelly antara lain untuk pengobatan atau perawatan pada penyakit, antara lain jerawat, alergi, penyakit jantung, kegelisahan, kebotakan, bronchitis, kelelahan, dan lain-lain. Royal jelly juga bermanfaat sebagai bahan kosmetik.

Malam atau sering juga disebut lilin lebah banyak digunakan pada industri farmasi dan kosmetik.

Propolis adalah bahan perekat yang bersifat resin yang dikumpulkan lebah pekerja dari kuncup, kulit atau bagian lainnya dari tumbuhan.

Apitoxin adalah racun atau bias lebah yang dihasilkan lebah pekerja.


Dan yang paling unik, sengatan lebah madu yang kelihatan menakutkan ini bermanfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh sengatan lebah antara lain:
  1. Sakit kepala
  2. Pusing
  3. Flu
  4. Sakit gigi
  5. Asma
  6. Sakit leher dan pegal-pegal

Nah itu tadi beberapa manfaat dari lebah madu dan produk-produk yang dihasilkan binatang yang kelihatan menakutkan ini.
Semoga bermanfaat dan ...


Daftar bacaan : www.wikipedia.com
Gambar          : www.detikpedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar