Menghentikan Pendarahan



Memberikan pertolongan darurat pada orang yang mengalami kesusahan atau musibah merupakan tindakan kesehatan yang mengandung nilai "Kepedulian Sosial" masyarakat. Beberapa tindakan yang perlu diketahui diantaranya adalah menghentikan pendarahan.

Bayangkan jika pada suatu ketika kita menemukan seorang korban tabrak lari. Setelah kita menghampirinya ternyata kita melihat bahwa pada bagian kepala korban tersebut mengalami luka sehingga mengalami pendarahan. Jika kita tidak tahu cara menghentikannya, hal ini bisa sangat berbahaya bagi si korban. Oleh sebab itu, haruslah kita mengerti bagaimana cara menghentikan pendarahan.

Berikut ini adalah cara menghentikan pendarahan menurut banyak sumber yang saya baca. Pertama-tama kita harus tetap bersikap tenang, supaya si korban jika dalam keadaan siuman tidak terlalu kaget atau shock. selanjutnya adalah yang paling penting, yaitu menghentikan pendarahan.

Pendarahan dapat dihentikan dengan cara menekan sekitar luka. Apabila luka terlalu lebar maka daerah sekitar luka harus ditekan terus menerus. Posisikan bagian yang luka pada posisi paling tinggi, lebih tinggi dari kepala. 

Menekan pada titik nadi yang tepat bisa juga menghentikan pendarahan. Untuk menghentikan pendarahan pada luka disekitar telapak tangan dan jari-jari tangan, tekanlah nadi dipergelangan tangan. Jika ragu titik nadinya, silahkan anda genggam pergelangan tangannya. Apabila pendarahan terjadi di lengan tangan, tekan pada nadi di bagian ketiak korban. Jika luka di leher atau pada kepala bagian belakang, tekanlah nadi pada leher dibawah telinga. Sedangkan nadi di samping kepala tepat di depan telinga untuk menghentikan pendarahan dikulit bagian atas kepala. Apabila luka di wajah, tekanlah nadi di bawah radang bawah.

Untuk menghentikan pendarahan dapat juga digunakan saputangan yang diikatkan pada kaki atau lengan korban.

Sedikit berbagi tips tentang menghentikan pendarahan, semoga bermanfaat dan ...

Salam Kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar