Merawat Baterai HP



Menggunakan perangkat komunikasi sangatlah penting. Sifat dasar manusia kan mahkluk sosial, jadi berhubungan dengan orang lain adalah wajib hukumnya. Telpon genggam, ponsel (baca: telePhON SELuler), atau sering disebut HP (baca Ha Pe) adalah alat komunikasi terpraktis saat ini. Kita bisa berhubungan dengan orang lain melalui sms, telpon, atau video call. 

Handphone tidak akan nyala jika tidak menggunakan baterai bukan? Jadi perawatan Handphone khususnya baterai handphone itu sendiri sangatlah penting, atau kalau bahasa bolanya crusial. (He,,,,,). Nah kita sekarang mau bersama-sama membahas tentang perawatan Baterai Handphone.

Apa betul sih, kalau baterai handphone baru harus di charge (baca: di cas) selama 10 sampai 12 jam? Jawaban yang saya peroleh dari beberapa tekhnisi handphone rekanan saya adalah tidak. Idealnya, baterai Handphone dicharge sampai penuh saja, lalu matikan, dan cabut charger dari stop kontak dan handphone. Hal ini sama saja jika dianalogikan dengan ember di isi air sampai penuh dan mengalir kemana-mana. Nah, kemana-mananya ini yang harus kita pikirkan.

Penggunaan baterai yang terlalu dipaksakan juga sangat tidak disarankan oleh para tekhnisi handphone. Contohnya penggunaan handphone untuk music, kamera, dan fitur aplikasi lainnya. Memang pada hendphone jaman sekarang dilengkapi dengan fitur - fitur tersebut. Tapi harus diingat bahwa fungsi utama handphone adalah untuk komunikasi. Jadi sedapat mungkin penggunaan fitur yang berlebihan untuk dihindari.

Yang berikutnya perlu diingat juga kapan mengisi ulang baterai handphone. Hal ini juga penting. Menurut keterangan beberapa tekhnisi handphone semestinya kita mengisi ulang baterai ketika tenaga pada baterai tinggal 5 sampai 10 persen. Hindari penggunaan baterai sampai benar-benar nol persen alias handphone anda mati sendiri. 

Dan berikutnya adalah usahakan pada saat anda mengecharge baterai, handphone pada kondisi dimatikan. Supaya proses isi ulang bisa maksimal.

Ok, jika ada tambahan tips tentang perawatan baterai handphone silahkan anda berkomentar di bawah. 
Selamat mencoba, dan Salam Kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar