Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor


Ceritanya kan sebentar lagi lebaran ni gan. Biasanya lebaran-lebaran begini akan banyak sekali saudara-saudara kita yang pulang dari tempat kerja ke kampung halaman yang sering kita sebut dengan mudik. Mudik adalah saat-saat yang ditunggu oleh perantau maupun keluarga di kampung halaman. Banyak sekali yang rela berdesak-desakan antri di stasiun ataupun untuk membeli tiket bahkan jauh-jauh hari sudah pesan tiket, untuk bisa mudik saat libur lebaran. Selain naik kendaraan umum seperti bis atau kereta ada juga yang bawa mobil pribadi. Banyak juga kan sekarang ini yang mudik pakai sepeda motor sendiri.



Mudik menggunakan motor pribadi banyak yang bilang lebih asyik dan lebih bebas. Mungkin juga sih, bebas dari berdesak-desakan, bebas dari copet, dan bebas-bebas yang lainnya. Tapi, ada juga kekurangannya sih. Kalau tidak melakukan persiapan yang matang, bisa-bisa nggak sampai rumah malah-malah sampai rumah sakit atau kalau kurang beruntung di motor ya bengkel karena motor mogok di jalan. Hehe… Maka dari itu, berikut ini kita akan berbagi hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan jika kita hendak mudik dengan menggunakan motor kesayangan kita.



Yang pertama kita harus persiapkan adalah motor;
  1. Ganti oli sehari sebelum berangkat kalau perlu servis sekalian ya,
  2. Cek roda-roda sepeda motor, rem depan dan belakang apakah berfungsi baik atau tidak (ganti jika perlu)
  3. Cek baterai atau aki motor anda, jika aki basah cek air akinya urang apa tidak, tambah jika kurang.
  4. Teliti ban anda, ganti jika sudah tipis baik yang dalam maupun luar. Jika perlu bawa spare (cadangan)
  5. Periksa fungsi lampu-lampu anda, baik lampu rem, lampu sign maupun lampu depan.
  6. Terakhir dan wajib dipersiapkan adalah surat-surat kendaraan anda. Tentu tidak mau juga kan kita ketilang gara-gara  surat-surat nggak lengkap.

Nah berikutnya adalah persiapan fisik;
Sebelum perjalanan sebaiknya persiapkan fisik anda sebaik-baiknya, usahakan untuk istirahat yang cukup, supaya nggak ada kata ngantuk ketika anda melakukan mudik, dan tidak sampai rumah sakit gara-gara masuk selokan. Hehehe…

Nah, berikutnya apa saja yang perlu di bawa?
  1. Bawa GPS atau setidak-tidaknya peta untuk memudahkan anda mencari jalan-jalan alternatif supaya tidak kejebak macet.
  2. Bawa obat-obatan untuk persiapan jika di jalan anda mungkin mengalami kurang enak badan
  3. Bawa kamera digital juga perlu lho, untuk mengabadikan momen-momen perjalanan anda.

Hmmm… apa lagi ya? Ouw iya, Bawa barang seperlunya saja deh, jangan terlalu banyak brang bawaan ya, biar tidak menggangu perjalan anda nantinya. Jika ada barang-barang yang perlu dibawa mendingan dikirim lewat jasa pengiriman atau via Pos aja deh, biar perjalanan mudik menggunakan sepeda motor anda bisa nyaman. 

Ok, itu dulu yah selamat mudik, semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar