MEMBUAT RPP


Kalau bicara tentang guru tentu kita akan bicara tentang mengajar, Nah apakah dalam mengajar seorang guru hanya asal mengajar, bicara kesana kemari kemudian memberikan tugas  pada anak didiknya? Atau memberikan halaman buku yang ada, kemudian memberi tugas lalu ditinggal ngobrol dengan teman guru yang lain? Tentu saja tidak.

Mengajar adalah sebuah pekerjaan yang sulit, bagaimana cara mentransfer ilmu dari sumber kepada anak didik. Dituliskan dari sumber bukan dari guru karena sumber ilmu bukan hanya guru, tetapi banyak sekali sumber belajar. Dari internet, buku, lingkungan, orang lain dan sebagainya. Nah supaya lebih mudah tentu seorang guru memerlukan sebuah perencanaan untuk mengajar.

Dalam dunia pendidikan perencanaan guru untuk mengajar pada suatu jam mengajar, disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau lebih sering disebut RPP. Nah, RPP inilah yang seharusnya digunakan guru untuk mempersiapkan diri ketika hendak mengajar.

Membuat RPP tentu perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah SK dan KD (baca: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) Program Semester, Silabus Pembelajaran, Jadwal, Kalender Pendidikan dan jangan lupa Sumber belajar. SK dan KD serta Program semester mutlak diperlukan dalam pembuatan RPP. 

Dalam membuat RPP seorang guru harus berdasarkan pada SK dan KD, maka dari itu sebelum membuat RPP maka seorang guru harus membuat Silabus Pembelajaran yang didasarkan pada SK dan KD. 

Dalam menentukan tanggal pelaksanaan, guru harus mengacu pada program semester yang didasarkan pada SK dan KD serta disesuaikan dengan kalender pendidikan dan jadwal pelajaran.

Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran guru juga harus memperhatikan kemampuan siswa dalam menyerap ilmu yang akan ditransfer, sehingga diperlukan metode yang bervariasi supaya anak dapat menikmati kegiatan belajar mengajar.

Dalam membuat RPP tentu saja guru juga perlu memikirkan sumber sumber belajar yang mungkin digunakan untuk penyajian sebuah materi ajar. baik itu buku, internet, majalah, koran ataupun hal-hal lain yang ada di lingkungan sekitar sekolah.

Beberpa hal tadi perlu diperhatikan dalam membuat RPP. selamat mencoba dan

SALAM KEBERSAMAAN ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar