Gelas Mudah Pecah



"Gelas-gelas kaca... tunjukkan dimana...." (sing an old song).

Perabotan rumah tangga sangat banyak jenis dan modelnya, Bahan pembuatannya juga macam-macam, ada yang dari besi, baja, alumunium,bahkan ada yang dari kaca. Maka dari itu perawatannya pun macam-macam. Tips bagi rekan sosrojoyo kali ini mungkin lebih banyak berguna bagi ibu-ibu rumah tangga dan para calon ibu. Tapi alangkah baiknya juga jika para bapak dan calon bapak mengetahuinya juga.

Tips kali ini adalah mengatasi gelas supaya tidak mudah pecah. Gelas kebanyakan kan terbuat dari kaca, sangat berbahaya jika gelas tersebut mudah pecah. Bisa dibayangkan jika kita sedang asyik menikmati kopi, tiba-tiba gelas yang ada ditangan kita "pecah" dan langsung jatuh. Bahaya bukan? Nah untuk itu sangatlah mengetahui bagaimana kita mengupayakan supaya gelas kaca kita nggak pecah.

Cara yang pertama untuk mengatasi gelas supaya tidak pecah adalah ketika kita membeli gelas yang baru, alangkah baiknya jika kita merebusnya dalam air mendidih dulu sekitar 5 menit. Disamping menggembleng gelas pada suhu panas, juga mensterilkan gelas dari kuman-kuman yang tidak kita inginkan tentunya.

Berikutnya adalah dengan membedakan gelas yang digunakan untuk minuman panas dengan gelas yang digunakan untuk minuman yang dingin atau memerlukan es. Hal ini mungkin sangat penting, karena kebanyakan kasus gelas pecah adalah ketika gelas yang biasa digunakan untuk minuman panas digunakan untuk minuman dingin atau sebaliknya, gelas untuk panas digunakan untuk minuman yang dingin.

Tips terakhir adalah ketika menuang air panas pada gelas, letakkan sendok yang terbuat dari logam pada gelas, lalu tuangkan air panas melalui sendok logam tersebut. Fungsi sendok logam tadi adalah untuk mengurangi panas dari air karena panas akan terserap oleh logam.

Nah itu tadi beberapa tips untuk mengurangi resiko gelas pecah di rumah anda.
Semoga bermanfaat dan salam kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar