Tips Menghadapi Ujian




Dari zaman baheula, yang namanya ujian pasti bejibun persiapannya. Mulai dari catetan sampe ke persiapan materi. Belom lagi deg – degannya itu loh. Aduuuooooohhhh…. Bakalan bisa gak ya ??????

TERNYATA bukan hanya satu atau dua dari kamu lho, yang sering bingung kalo’ mo ujian. Banyak juga yang pada pusing kalo’ masa itu udah datang. Ada yang bilang ujian itu kayak mau perang aja. Tapi kalo’ udah belajar, ya gampang ajaa naklukin soal.

POLA BELAJAR KELIRU
Yup, gak salah juga sih pendapat itu. Dengan belajar, sedikit banyak kita jadi siap dengan pertempuran waktu ujian. Tapi itu gak cukup lho. Pernah ngerasa gak, kita tuh udah belajar, catetan juga setebal kamus, tapi kenapa kita malah gak tau apa yang mesti diperbuat. Itu belom seberapa …. Ada lagi nih yang pas ujian, materi yang ada di kepala tuh tiba – tiba ngilang ntah ke mana.
Nah, seperti inilah yang disebut sebagai kondisi stress menghadapi ujian, yang sebab kuncinya tuh adalah pola belajar yang keliru.

THE SOLUTIONS ARE ……
Kayak apaan sich cara belajar yang bener itu ? Sebelum ngebahas jauh, baiknya baca dulu deh, hal – hal apa aja yang musti kamu lakuin biar gak grogi waktu ujian datang !

  1. Munculin Niat
Udah jadi rahasia umum deh, kalo’ niat itu adalah kunci pembuka kesuksesan. Tapi niatnya yang sungguh – sungguh lho.
Emang sulit sich.
Harus ada komitmen dan kesadaran diri, kalo belajar tuh urgent buat  bekal kamu sampe kapan pun.

  1. Konsentrasi
Niat belajar udah ada, but giliran kita belajar adaaa aja hal – hal yang ngeganggu konsentrasi kita. Nah, untuk mencegahnya, sebaiknya jauhin diri kamu dari hal – hal yang bisa ngerusak konsen seperti TV dan cemilan. Percuma aja kalo belajar , tapi mata gak bisa jauh dari tontonan di TV.
Trus, untuk cemilan …. Banyak yang bilang sih kalo makanan ringan tuh perlu untuk teman belajar biar gak jenuh.
Tapi ati – ati ya, karena terlalu banyak ngemil pas belajar juga gak sehat tuh. Bayangin deh, kalo perut udah kenyang ngemil, ujung – ujungnya pasti ngantuk en lupa ama niat awal kita untuk belajar. Nah lho !?!

  1. Belajar as Rutinitas
Selanjutnya, kamu tuh harus mulai disiplin . Belajar disiplin tuh sebenarnya gak berat sih. Biasakan deh dalam sehari, ada materi yang kita pelajari. Meski Cuma bentar, tapi hasilnya bakal manjur lho kalo sering dilakuin.
  
  1. Bikin Schedule Harian
Mulai sekarang bikin schedule harian deh, kapan kamu harus ngulang dan nyiapin materi buat besok. Bila perlu tempel di tempat yang mudah dilihat, seperti di tempat belajar bahkan di kaca rias sekalipun. Syukur – syukur aktivitas ini juga bisa kamu lakukan di luar jadwal. Ceritanya nambah gitu loh …..!!!!

  1. Ubah Pola Belajar Kamu
Emang sih, kebanyakan dari kita tuh belajar pas ada ujian aja. Nah, mulai sekarang ubah deh kebiasaan buruk itu. Ganti pola belajar, dari menghafal jadi metode memahami. Yang dimaksud memahami di sini dengan sering membaca materi yang udah diperoleh.
Misal gini, bikin corat – coret tentang apa aja yang udah diajarkan. Nah pas di rumah, ganti coretan itu ke bentuk yang lebih rapi. Selain catetan jadi ‘tertib’, secara gak langsung kalian tuh udah me-recall apa yang tadi dah dipelajari. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui ….

  1. Jangan Terlalu Maksa
Alih – alih siap tempur, jangan jadi ‘over’ yah …… maksudnya kalo kamu udah lelah kenapa harus dipaksain? Capek pikiran, bakal berpengaruh lho ke fisik kita. Biar balik fresh, gak ada salahnya kita istirahat dulu bila udah penat or capek.


The last, jangan lupa berdoa. Karena seberapa pun keras usaha kita, bakal sia – sia loh kalo kita tidak minta restu dari Tuhan. So, sekarang dah lebih siap kan hadapi ujian?


Selamat Mencoba dan Salam Kebersamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar