Tips Menghemat Listrik

Saat ini, listrik adalah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tidak bisa dibayangkan jika tidak ada listrik. Listrik digunakan dalam semua segi kehidupan pada jaman sekarang ini. Yang paling utama adalah untuk penerangan. Tidak terhitung lagi kegunaan - kegunaan lainnya bagi kehidupan manusia. Setrika, mencuci, memasak nasi, mengisi ulang baterai Handphone dan banyak lagi.

Penggunaan listrik di setiap rumah sangatlah banyak, sehingga kadang-kadang tidak terkontrol penggunaan listrik tersebut, sehingga pembayaran listrik jadi membengkak. Untuk menghindari hal tersebut terjadi maka diperlukan trik-trik atau kiat-kiat dalam menggunakan listrik di dalam rumah tangga. Jika kita berpikiran untuk memperlambat meteran listrik maka kita perlu berpikir ulang, karena itu adalah tindak pidana dan Penjara adalah akhirnya. Berikut ini kita akan bersama-sama membahas tentang cara untuk menghemat listrik.

  1. Menggunakan lampu dengan daya yang sedang-sedang saja. Kita gunakan lampu yang super terang pada tempat-tempat yang wajib saja, seperti Ruang Tamu dan ruang makan.
  2. Memadamkan lampu yang tidak digunakan, seperti lampu kamar mandi setelah selesai mandi. Hal ini sering dilupakan oleh banyak orang.
  3. Pada saat setrika usahakan untuk banyak sekaligus, bukannya sebentar-sebentar setrika karena setrika pada saat pemanasan awal membutuhkan listrik yang sangat besar. Jadi jika kita terlalu sering setrika maka listrik pasti membengkak.
  4. Usahakan untuk memilih perabot-perabot rumah tangga yang hemat listrik. Perabotan seperti penanak nasi, dispenser, mesin cuci dan lain-lain.
  5. Mencabut steker atau colokan peralatan setelah dimatikan, seperti Televisi, radio, Komputer dan peralatn lain setelah digunakan.
  6. Yang terakhir dan jarang sekali dilakukan adalah memadamkan lampu pada saat tidur.
Menghemat listrik bukan hanya untuk kepentingan ekonomi saja, tetapi hal ini adalah untuk menghemat energi yang dihasilkan oleh bumi, supaya Bumi kita tetap lestari sampai anak cucu kita nanti. 

Semoga bermanfaat dan ...

SAlam Kebersamaan

1 komentar: