Arti kata Mata

Mungkin kita tidak terlalu memikirkan bahwa kata "mata" memiliki banyak makna dan kegunaan. Kata "mata" memang kita dengar setiap hari, misalnya kita bertemu dengan seseorang, kata ini langsung terlihat. "Mata" memang ada di mana-mana. Kita mungkin tidak sadar bahwa kata "mata" mempnyai banyak makna atau arti serta banyak kegunaannya juga. Jika kita menggunakan dengan benar, kita akan mendapatkan banyak sekali kata dengan satu kata "mata".

Sesuai dengan KBBI (baca: Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata mata memiliki tujuh arti langsung. dan yang pertama adalah, 'indra untuk  melihat atau iindra penglihat' Itulah mata kita. contoh kalimatnya: "Mata adik merah setelah menangis semalam".

Arti yang kedua adalah, 'sesuatu yang menyerupai mata (seperti lubang kecil. jala)." Seperti lubang kecil pada jarum jahit, biasanya disebut mata jarum. Contoh kalimatnya adalah: "Adik memasukkan benang ke mata jarum".

Arti yang ketiga adalah, "bagian yang tajam pada alat pemotong", misalnya disebutkan mata kapak, mata pisau dan lain-lain. contoh kalimatnya, nggak usah deh gampang kan, hehehe...

Arti yang keempat adalah, "sela antara dua garis (pada mistar derajat dan sebagainya)." Misalkan pada penggaris terdapatt garis-garis penunjuk panjang penunjuk setiap satu centimeter. Nah jarak seperti antara satu centimeter dan dua centimeter itu juga disebut mata.

Arti yang kelima adalah, "tempat tumbuh tunas (pada ubi, dahan dan sebagainya)." Jika melihat pada batang pohon, pada tempat tumbuhnya dahan akan tampak berbentuk bulat melingkar, Itu juga disebut mata.

Arti yang keenam adalah, arti kiasan, "sesuatu yang enjadi pusat; yang ditengah-tengah benar. Contohnya pada kalimat, "Kamulah mata hatiku".

Arti langsung yang terakhir adalah, "yang terpenting (sumbu, pokok dan sebagainya). Contoh pada kalimat adalah: "mata pencahariannya adalah ngeblog"

Nah, itu tadi arti kata mata menurut KBBI, semoga bermanfaat dan ...

Salam Kebersamaan

baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar