Suara dan Pesan di Ponsel



Postingan sebelumnya, kita membahas tentang prinsip dasar dari kinerja ponsel. Dimana sebuah ponsel akan bisa digunakan jika ponsel tersebut mendapatkan sinyal. Nah mungkin banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana sih sebenarnya ponsel bisa digunakan untk berbicara?

Ponsel tidaklah seperti telepon rumah yang memerlukan kabel-kabel yang dipasang di atas jalan-jalan, ataupun dikubur di bawah tanah untuk bisa digunakan, tetapi ponsel hanya menggunakan sinyal untuk menangkap dan mengirimkan suara atau pesan melalui frekuensi tertentu. Operator penyedia jasa layanan atau sering disebut provider memiliki dan menyediakan pemancar-pemancar yang berfungsi untuk memancarkan sinyal sehingga dapat ditangkap oleh antena yang ada pada ponsel. Jika ponsel tidak dapat menangkap sinyal , berarti ponsel tersebut tidak akan bisa dipergunakan untk melakukan komunikasi di daerah tersebut.

Selanjutnya, selain untuk berbicara, ponsel juga dapat dipergunakan untuk mengirimkan tulisan alias pesan tulisan pendek atau SMS (baca: Short Message Service) kepada pemilik ponsel lain.Untuk mengirimkan SMS, pemilik ponsel cukup mengetikkan pesan dalam ponselnya, kemudian kirim ke nomor telepon yang dituju. Si penerima akan bisa menerima dan membaca pesan yang terkirim di ponselnya. Pada umumnya, pesan singkat hanya mampu mengirim 160 karakter atau huruf saja. Akan tetapi di jaman yang sudah super canggih sekarang ini, sudah banyak ponsel yang dapat mengetik lebih dari 160 huruf atau karakter. Hanya saja tarif atau biaya pengiriman SMS tetap dihitung dalam kelipatan 160 huruf atau karakter.

Menggunakan ponsel memang mengasyikkan. Akan tetapi penggunaan ponsel ini tadaklah gratis. Pemilik ponsel harus memiliki atau kalau tidak memiliki ya membeli pulsa agar bisa menggunakan ponselnya untuk bisa melakukan percakapan telepon, mengirim sms dan menggunakan layanan lainnya. Pada saat ponsel digunakan, maka pulsa pada SIM Card akan berkurang. Kalau ponsel kita tidak memiliki pulsa yang cukup, maka ponsel tidak akan bisa digunakan. Berati anda harus beli pulsa untuk dapat menggunakan ponsel anda.

Jadi pergunakanlah ponsel sebaik-baiknya. Berbicara seperlunya agar pulsa dalam Sim Card bisa di hemat, dan tidak boros dan tidak akan mengurangi uang jajan. Heee.....

OK, sekian dan...


SALAM KEBERSAMAAN

Baca juga
Cara Kerja Ponsel
Lampu APILL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar