AWAS DEMAM BERDARAH




Sudah amat sangat sering kita mendengar dan membicarakan tentang penyakit yang satu ini, Demam Berdarah. Apa Demam berdarah, bagaimana ciri-ciri penyakit yang bisa sangat berbahaya ini? Lanjut....


Demam berdarah atau sering disebut dengan DB adalah penyakit yang disebabkan virus dengue (baca: denggi). Virus dengue ini dibawa oleh nyamuk demam berdarah. Nyamuk yang punya nama latin aedes aegypti dan aedes albopictus menularkan virus dengue ini dengan menggigit korban. Keduanya hidup dihampir seluruh pelosok tanah air Indonesia, kecuali di daerah pegunungan yang berketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. Penyakit ini mudah menular dan sangat berbahaya, jika tidak segera mendapatkan perawatan. Sudah banyak kasus yang berakhir dengan kematian.


Ciri-ciri pengidap demam berdarah pada umumnya adalah mempunyai gejala yang hampir mirip dengan demam biasa namun terkadang disertai dengan munculnya bintik-bintik merah terutama pada siku tangan bagian dalam. Untuk memastikan seorang pasien terkena demam berdarah adalah dengan tes darah. Namun pada umumnya gejala-gejala bahwa seseorang itu terkena demam berdarah adalah sebagai berikut:  

  1. Mendadak demam tinggi selama 2 - 7 hari, disertai dengan sakit kepala.
  2. Nyeri pada otot dan sendi.
  3. Muncul bintik-bintik merah terang.
  4. Hidung dan gusi mengeluarkan darah.
  5. Sakit perut, mual, muntah-muntah atau diare.
Sedikit tentang apa DB dan ciri-ciri atau gejala Demam Berdarah, semoga bermanfaat dan ...

Salam Kebersamaan.

Baca juga:
Pencegahan DB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar