KACAMATA DAN FUNGSINYA

Kacamata adalah sebuah alat yang berguna untuk membantu penglihatan bagi mata yang sudah mengalami pengurangan daya penglihatan. Tapi mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui tentang asal-usul kacamata. Nah untuk itu, lanjut ...

Penurunan daya penglihatan pada mata bukan hanya terjadi pada jaman sekarang. Pada jaman kuno banyak juga manusia yang mengalami penurunan daya penglihatan. Mereka sudah tidak bisa lagi melihat dan membaca dengan jelas. Maka dari itu mereka menggunakan gelas berisi air untuk memperbesar tulisan dan memperjelas penglihatan.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan membaca semakin meningkat. Maka dibutuhkanlah alat yang dapat digunakan untuk memperbesar tulisan. Roger Bacon, pada tahun 1266 menggunakan sepotong pecahan gelas untuk tujuan tersebut. Sehingga dari gelas berisi air diganti dengan sepotong pecahan gelas untuk mempermudah membaca.

Berlanjut di Venesia, Italia, masyarakat disana mempelajari kemungkinan menjadikan gelas semacam lensa yang bisa dipasang di depan mata. Sekitar abad ke-13 kacamata sudah dikenal orang. Dapat dibuktikan dari lukisan-lukisan yang dibuat waktu itu ada yang menggambarkan orang yang sudah memakai kacamata. Pada awalnya, kacamata tidak menggunakan gagang tetapi diikatkan dikepala dengan pita.

Ada hal unik yang perlu diketahui bersama, bahwa jaman dahulu di daratan Cina, muncul sebuah tren menggunakan kacamata berbahan lensa yang berat dan bergagang dari tulang binatang. Tetapi anehnya, mereka menggunakan kacamata bukan untuk membantu membaca atau penglihatan. Mereka menggunakannya dengan harapan mendapatkan semacam "kekuatan" bila menggunakan kacamata seperti itu. Hmmm.... aneh bukan?

Pada akhirnya, Benyamin Franklin pada tahun 1784 seorang warganegara Amerika membuat kacamata dengan dua lensa yang berfokus. Kacamata ini juga sudah dipasang dengan nyaman di wajah pemakainya. Kacamata ini sudah hampir mirip dengan kacamata jaman sekarang,

Seiring berjalannya waktu, kacamata mengalami banyak perubahan. Banyak model dan bentuk kacamata pada jaman sekarang ini. Ada yang oval, bulat ataupun kotak. Dari warna dan gagangnya pun beraneka macam. Selain itu, fungsi kacamata juga tidak hanya digunakan untuk meningkatkan daya lihat, tetapi juga digunakan untuk tujuan lain seperti mengelas, berenang bahkan ada juga kacamata yang hanya untuk mempercantik penampilan.

OK, cukup sekian dulu, semoga bermanfaat, dan ...
Salam Kebersamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar