Batu bata dan Sejarahnya


Pada jaman dahulu, mungkin kebanyakan rumah dibuat dari kayu. Semua hal serba kayu. Tapi saat ini sudah terganti dengan batu bata. Yup, batu bata. Tapi mungkin banyak diantara kita bagaimana batu bata itu bermula bukan?

Sebenarnya batu bata sudah dikenal sejak sekitar 9000 tahun yang lalu, sudah lama bukan? Orang Yerikho, Palestina membuat batu bata dari lumpur. Lumpur dibuat persegi, kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Mereka hanya mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan batu bata, jadi jika matahari tidak terik atau malah hujan, batu bata tidak akan jadi. Meski demikian batu bata dari lumpur sudah bisa digunakan membangun rumah.

Pada tahun 1500 SM di Mesopotamia sudah mulai muncul batu bata yang dibakar bukan hanya dikeringkan di bawah sinar matahari. Dengan dibakar batu bata menjadi lebih kuat dari pada hanya dikeringkan di bawah sinar matahari.

Pada awalnya, batu bata digunakan untuk membuat kuil dan piramid oleh Raja Firaun di Mesir. Tapi kemudian Firaun mengganti batu bata dengan batu-batu supaya piramid yang mereka buat bisa bertahan selama ribuan tahun.

Selanjutnya sekitar 1200 SM, batu bata mulai menyebar ke Eropa dan Asia. Dan tentu saja batu bata segera menarik erhatian orang Eropa. Orang Eropa menggunakan batu bata sebagai bahan utama membangun bangunan-bangunan yang bagus. Mulai dari yang bertema artistik hingga gothik. Dan sampai sekarang batu bata yang dibuat dengan sangat sederhana itu, tetap menjadi idola sebagai salah satu bahan bangunan.

Ok, sedikit sejarah tentang batu bata, semoga bermanfaat dan ...

Salam Kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar