Cara Mengganti Ban Kempes

Dear readers,

kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengganti ban mobil ketika anda mengalami kempes ban, entah itu kena paku, kena batu atau kena apa saja yang menyebabkan ban anda menjadi kempes.

Bagi yang sudah terbiasa, mungkin tips ini bisa dibilang basi. Tapi bagi yang belum pernah, silahkan lanjutkan membaca tulisan berikut untuk mengganti ban mobil anda yang kempes.

Pertama-tama yang perlu anda siapkan adalah dongkrak dan kunci roda untuk membuka baut-baut roda ban yang kempes. Jadi jangan pernah lupa untuk membawa dongkrak dan kunci roda anda ketika anda membawa mobil supaya anda tidak akan kesulitan jika anda tiba-tiba di jalan mengalami kebocoran ban. Dan yang paling utama adalah ban cadangan.

Berikutnya adalah kendurkan baut-baut roda yang kempes bannya. Perhatikan, jangan sampai melepas bautnya, cukup anda kendurkan saja, supaya nanti ketika roda sudah di dongkrak anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengendurkan baut roda anda karena roda akan berputar.

Setelah itu dongkrak roda ban yang kempes tepat di balik roda atau sekitar sumbu roda. Pastikan dahulu mengencangkan pentil dongkrak jika dongkrak anda model hidrolik. Setelah itu periksa juga landasan dongkrak atau tanah yang akan di tumpangi dongkrak. Jika dirasa dongkrak anda nanti akan amblas ke tanah, ada baiknya anda memberi lapisan batu yang pipih atau kayu jika ada supaya dongkrak tidak amblas ketika roda ban yang kempes dinaikkan.

Berikutnya naikkan dongkraknya perlahan, kira-kira cukup untuk memasang ban cadangan saja. Lepas baut-baut roda ban yang kempes. Setelah itu lepas ban yang kempes, ganti dengan ban cadangan. Pasang kembali baut-baut roda anda kencangkan dengan kunci sebisanya dulu saja, karena tetap tidak mungkin kencang sepenuhnya karena roda akan berputar. 

Setelah semua baut terpasang, kendurkan atau turunkan dongkrak anda perlahan-lahan, ambil dongkrak dan singkirkan. Setelah itu kencangkan baut-baut roda anda dengan sekuat-kuatnya. Anda tentu tidak mau kan baut roda anda terlepas?

Setelah semua alat dibereskan, silahkan anda periksa tekanan ban yang baru dipasang tadi. Jika anda rasa kurang, segera cari bengkel ban untuk menambah angin dan sesegera mungkin anda juga harus membereskan ban yang tadi kempes.

Yah.... Semoga bermanfaat dan Salam Kebersamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar