Tips Merawat Ban



Tentu bagi pengendara mobil, ada banyak sekali hal-hal yang paling dibenci atau kejadian-kejadian yang paling dihindari. Seperti kehabisan bensin, ban yang bocor, kerusakan kelistrikan. Dari hal-hal diatas mungkin yang paling menyebalkan dan tidak bisa diprediksi adalah ban yang bocor.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ban bocor. Yang pertama adalah ban yang sudah tua dan tipis. Ban yang sudah tipis, ketika perjalanan jauh akan menimbulkan panas dan kemungkinan terburuk adalah bannya meletus. Hal ini bisa diatasi dengan mengecek ban anda sebelum bepergian. Jika sekiranya sudah terlalu tipis mending segera mengeluarkan budget untuk beli ban. Yang berikutnya adalah terkena paku, batu yang lancip atau benda-benda tajam yang bertebaran dijalan-jalan. Ini yang mungkin tidak bisa kita prediksi.

Hal pertama yang perlu diingat tentang ban adalah ban cadangan. Biasanya ban cadangan adalah ban yang sudah jelek. Nah, hal ini adalah sebuah blunder menurut ilmu sepakbola. Bayangkan jika pada suatu saat ban kita terkena paku, dan kita harus menggantinya, ketika kita sudah capek-capek pasang ban cadangannya, ehhh bocor juga. Cadangan ban mendingan ban yang bagus juga. Supaya kita lebih merasa aman.

Ukuran tekanan ban juga sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara, jadi untuk urusan ini mendingan kita serahkan pada ahlinya. pergi ke tukang ban, cek tekanan angin setiap bulan sekali, karena ada kemungkinan angin yang hilang pada kurun waktu tersebut.

Setelan kaki-kaki mobil juga berpengaruh pada ban, nah jangan lupa juga untuk menyetel tieroad, shock absorber ataupun per, supaya posisi ijakan ban optimal, sehingga ban juga bisa awet.

Hmmm itu dulu deh, tentang tips merawat ban, semoga bermanfaat. jika ada saran dan kritik, silahkan komentar.

Salam Kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar