Manfaat Angkak



Sebelum mengetahui manfaat angkak, sebaikya kita tahu dulu apa itu angkak. Angkak adalah hasil dari fermentasi dari butiran beras dengan mikroorganisme tertentu.  Warna dari angkak merah pekat. Jika diseduh, akan berubah menjadi air berwarna merah.

Angkak telah dikenal penduduk China sejak ratusan tahu yang lalu. Pada umumnya angkak digunakan untuk bahan tambahan rempah masakan dan herbal kesehatan.

Di Amerika, angkak disebut red yeast rice yang popular dan dijual dalam bentuk kapsul sebagai obat penurun kolesterol yang ampuh. Pigment angkak yang berwarna merah sebagai pemicu untuk meningkatkan trombosit.

Beberapa senyawa aktif pembentuk angkak merah adalah monakolin K atau lovastatin, dihidromonakolin, dan monakolin 1 - 4. Senyawa lain berupa komponen sterol seperti betasitosterol, campesterol, stigmasterol, sapogenin, isofalvon, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menghambat produksi kolesterol dalam tubuh dengan cara menghentikan kinerja enzim HMG-CoA reduktase dalam hati.

Angkak juga dapat mempercepat metabolisme dan penyerapan lipoprotein kolesterol berdensitas rendah dalam darah. Tujuannya mencegah penyakit arteriosklerosis (merupakan suatu bentuk gangguan / penyakit yang terjadi pada pembuluh darah arteri) dan mengobati hiperlipidemia (adalah kadar kolesterol dan trigliserida yang sangat tinggi, yang sifatnya diturunkan)

Nah... Mumpung masih dalam suasana Tahun Baru China nih, Karena Angkak biasanya digunakan untuk maskan-maskan chinesse.

Semoga bermanfaat dan ...
Salam Kebersamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar